Ingin tahu karakter seseorang, sebenarnya tidak perlu ke orang pintar maupun ke dukun karena karakter dan watak seseorang dapat diketehui saat mengendarai kendaraan. Jika seseorang selalu mematuhi rambu lalu lintas dan menjaga jarak aman saat mengendarai kendaraan, dia selalu hati-hati dalam kehidupan sehari-hari dan disiplin. Tapi jika selalu melanggar rambu lalu lintas dan tidak menjaga jarak aman, begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupannya akan arogan dan tidak disiplin.

Disiplin di jalan raya berhubungan dengan cara mengendarai mobil aman. Joserentcar akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mengendarai mobil yang aman. harapan saya pengetahuan anda bertambah dan selalu menjaga keamanan dijalan karena faktor keamanan selalu harus diutamakan demi keselamatan anda sekeluarga dan orang lain. Hal yang harus diperhatikan saat mengendarai kendaraan adalah pengendara dalam keadaan sehat dan kendaraan yang akan digunakan juga dalam kondisi sehat. Cek tekanan angin dan kenyamanan Rem. jangan lupa gunakan sabuk pengaman.

Ngantuk

­

Kecelakaan, Paling sering terjadi karena sopir mengantuk. Ngantuk disebabkan oleh;

  1. Karena capek atau terlalu lelah setelah melakukan aktifitas berat.
  2. kurang tidur. memang sudah waktunya tidur
  3. Terlalu kenyang. biasanya setelah makan rasa ngantuk akan datang.
  4. terlalu tegang mengendarai kendaraan. 

untuk nomer 4 bisa diatasi dengan makan camilan yang tidak berlemak sambil mendengarkan musik.

Kecepatan

­

Batas kecepatan mobil sudah diatur dan ditulis besar dijalan raya dan tol, misalnya dalam kota tidak boleh lebih dari 40 km/jam. Ikuti dan harus taat pada peraturan. Hal yang perlu diperhatikan adalah posisi mobil anda, jika anda pelan, harus ada dijalur pelan, sebaliknya jika cepat harus dijalir cepat. perhatikan juga kendaraan yang lain. jika yang lain cepat anda jangan pelan karena sangat membahayakan kendaraan lain, sebaliknya jika yang lain pelan, anda jangan ngebut sehingga jalannya siksak terlihat ugal-ugalan. harus mengikuti arus.

Konsentrasi

­

Konsentrasi saat mengendarai mobil adalah hal utama untuk keselamatan dijalan. Hilangkan pikiran tentang pekerjaan, urusan keluarga, jangan mengingat hal yang membuat anda jengkel karena akan merubah kesabaran anda dan emosi akan naik yang mengakibatkan perubahan pada kecepatan kendaraan. Menerima telpon sangat mengganggu konsentrasi. berhenti sebentar di tempat yang aman adalah pilihan tepat. Merokok juga berbahaya saat mengendarai kendaraan. Arahkan pandangan jauh ke depan dan selalu siap menghadapi keadaan darurat.

Standart keamanan di jalan

 

Sabuk Pengaman ​​​​​​

Sebelum menghidupkan mesin, gunakan sabuk pengaman. Penumpang yang di tengah harus memasang sabuk pengaman juga karena kalau terjadi benturan pada mobil, penumpang tengah akan terlempar ke depan sehingga membahayakan yang di depan.

 

Hand Phone

Yang lagi banyak kita lihat dijalan yaitu menggunakan hand phone saat mengendarai mobil. Pemicu terjadinya kecelakaan saat ini yaitu menelepon sambil mengendarai mobil. kalau yang dibicarakan menegangkan, konsentrasi akan hilang dan pengemudi tidak akan bisa mengontrol laju mobilnya. jika ada panggilan masuk, berhenti di tempat yang aman dan perhatikan laju kendaraan di belakang anda. jangan berhenti mendadak.

 

Kaca Spion

Pengaturan kaca spion samping kiri dan kanan yang benar sangat membantu keselamatan di jalan. caranya; Duduk seperti sedang mengemudikan kendaraan lalu arahkan spion ke samping mobil. Jangan mobilnya yang kelihatan tapi di sampingnya mobil.

 

Posisi Duduk Sopir

Cara duduk yang benar saat mengendarai mobil adalah tidak terlalu tegak juga tidak terlalu miring agar tidak cepat capek. Atur jarak kaki di pedal senyaman mungkin dengan mengatur reclining seat. Jangan meletakkan tangan di atas kemudi karena jika ada benturan pada mobil akan terjadi ledakan di atas kemudi untuk membuka airbag.

 

Rambu Lalu Lintas

Jangan melakukan pelanggaran rambu lalu-lintas, sangat membahayakan nyawa anda sekeluarga dan orang lain. Semua rambu dibuat untuk keselamatan pengendara kendaraan. Jika ada orang lain yang melanggar, menjauhlah.

 

Kecepatan

Atur kecepatan sesuai dengan peraturan lalu-lintas. Di tol biasanya kecepatan maksimal 100 km/jam. Jangan terlalu pelan karena membahayakan pengendara yang lain juga. Ikuti arus kendaraan yang lain.

 

Posisi Kendaraan

Posisikan kendaraan anda sesuai dengan kecepatan. Pelan di jalur paling kiri. kecepatan sedang di jalur tengah. mendahului di lajur paling kanan. Setiap pindah jalur selalu melihat kaca spion dan menggunakan lampu isyarat sign. Jangan memotong jalur pengendara lain. begitu juga saat mau belok dan menyebrang jalan. dahulukan kendaraan lain lewat, setelah aman baru belok atau pindah jalur. Hati-hati adalah keamanan untuk diri anda sendiri.

 

Jaga Jarak

Banyak penyebab terjadinya kecelakaan di jalan. Yang paling sering terjadi kecelakaan adalah karena tidak menjaga jarak dengan kendaraan yang di depannya. Walaupun kita mahir mengendarai mobil tapi tidak menjaga jarak dengan kendaraan yang di depannya, ini termasuk kurang hati-hati karena saat yang di depan mengerem mendadak, walaupun anda bisa mengerem untuk mengimbangi yang di depan tapi dibelakang anda akan menabrak.

 

Medan Jalan

gunakan kendaraan sesuai kondisi jalan. untuk jalan tol, gunakan kendaraan penggerak roda depan karena penggerak roda depan bisa menembus angin pada kecepatan tinggi sedangkan penggerak roda belakang sangat dipengaruhi angin sehingga mobil cenderung tidak stabil jika angin sangat kencang dan kendaraan melaju cepat. Untuk jalan kurang bagus, berlumpur, gunakan penggerak roda belakang karena penggerak roda depan cenderung slip. Sedangkan jalan licin dan pegunungan dengan tanjakan dan turunan curam juga tikungan tajam, gunakan 4*4 atau for wheel drive.

Kondisi Mobil

­

Kondisi kendaraan sangat berperan untuk keselamatan di jalan, dari pengecekan rutin sampai perlakuan mobil karena setiap mobil memiliki perlakuan yang berbeda. contoh ; mengerem secara mendadak di tikungan akan membuat mobil slip dan sulit dikendalikan tapi beda dengan mobil yang menggunakan rem ABS (anti lock braking system) tidak akan fatal seperti rem biasa. Rem ABS tidak akan mengunci ban sehingga mobil tetap akan terkendali saat kita mengerem total di pedal Rem. Setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangan, Kita harus tahu kekurangannya.

melanggar 

­

Jangan sok pintar atau memberi peringatan kepada orang yang melanggar karena kita tidak tahu siapa dia dan belum tentu orang tersebut mengikuti intruksi kita, biasanya dia akan marah kalau kita yang memberi tahu sehingga membuat masalah pada kita sendiri. Di jalan banyak kejadian di luar nalar otak kita. Selalu waspada dan menjaga, serta menjauh dari hal buruk adalah jalan terbaik. Jika ada yang melanggar, akan membayakan orang lain tapi kita tidak bisa menegur mereka karena dia akan marah, biasanya begitu orang Indonesia, jadi biarkan saja dan menjauh darinya.

Emosi

­

Eosi kita saat mengendarai kendaraan berpengaruh penting pada keselamatan di jalan karena anda memegang kendali penuh pada laju mobil tersebut. banyak karakter di jalan akan kita temui. Ada yang ramah mengendarai mobil. ada yang ugal ugalan bahkan ada yang membuat orang lain jengkel celakannya lagi kalau mengendarai mobil membahayakan orang lain. Kita tidak boleh terpancing karena akan merugikan kita sendiri. Segera menjauh dari mobil yang membahayakan karena tidak ada untungnya dan kita sekeluarga akan celaka jika emosi naik